Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC)
Rabu, 11 Januari 2017

Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC)

Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC) - Malware adalah salah satu hal yang paling dibenci sekaligus paling dihindari oleh para pengguna komputer, baik itu komputer, laptop, hingga perangkat android, semuanya sangat berhati-hati agar gadgetnya tidak disusupi malware.
Sumber: csirt.utpl.edu.ec

Malware sendiri adalah program jahat sekaligus berbahaya untuk berbagai jenis gadget anda. Ini karena, malware akan merusak sistem komputer/jaringan anda tanpa anda mengetahuinya.

Yang lebih parah, tidak hanya merusak jaringan atau komputer, malware juga akan menginfeksi file-file atau dokumen anda. Malware dapat merusak, mengedit, menyembunyikan file komputer atau bahkan menghapusnya tanpa izin pengguna.

Selain itu, malware juga tidak hanya dapat menginfeksi file tapi juga merusak website. Biasanya jika sebuah website terinfeksi oleh malware, dan Google akan memunculkan peringatan untuk tidak masuk ke webiste tersebut. Nah, anda tentu tidak ingin bukan komputer atau apa pun website anda dimasuki oleh malware? Jika iya, seperti yang dilansir oleh cronosal.web.id, berikut ini Cara Mencegah Malware Masuk Ke Komputer
Cara Mencegah Malware Masuk Ke Komputer

1. Gunakan dan Update Antivirus


Sumber: tomsitpro.com

Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.

2. Ubah Password Komputer


Sumber: andyyizerz.com

Malware mungkin sudah tahu password agan. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, dll.


3. Update Software Teratur


plus.google.com

Update Software, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis. Namun kelemahan dari update adalah agan terkadang harus membayar untuk update

4. Instal dan Aktifkan Firewall


Sumber: windowsitpro.com

Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer agan. Saat ini juga sudah banyak sistem operasi yang telah mengikut sertakan firewall. Aktifkan saja.

5. Gunakan Antisypware


Sumber: geckoandfly.com

Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

6. Backup File


Sumber: baculasystem.com

Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.

Tapi jika ternyata komputer anda sudah terlanjur dimasuki malware, maka sebelum malware tersebut menjangkit komputer dan merusak file anda, maka harus segera dibersihkan. Kebanyakan orang menggunakan antivirus saja sebagai cara membersihkan malware. Namun antivirus saja tidak cukup. Lalu bagaimana cara membersihkan malware? Seperti yang dilansir oleh komputermesh.blogspot.co.id, berikut ini Cara Membersihkan Malware!
href="http://www.ayeey.com/2016/02/cara-download-video-youtube-tanpa-software.html" style="border: 0px; color: #ef007c; font-family: inherit; font-stretch: inherit; font-style: inherit; font-variant: inherit; font-weight: inherit; line-height: inherit; margin: 0px; outline: 0px; padding: 0px; text-decoration: none; vertical-align: baseline;" target="_blank">Cara Download Video Youtube Tanpa Software

Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC)


1. Hapus File Temporary


Sumber: alfatnurdiansyah.com

Agar komputer dapat berjalan lebih cepat dan tanpa gangguan silahkan masuk safe mode terlebih dahulu. Setelah masuk ke safe mode, langkah selanjutnya untuk menghapus file temporary membutuhkan fitur windows yang bernama Disk Cleanup. Untuk membuka disk cleanup caranya klik tombol windows --> ketikan Disk Cleanup --> lalu tekan enter --> pilih drive sistem yang akan dibersihkan (Biasanya pada drive C:).
Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC)
2. Membersihkan Dengan Anti Virus


Sumber: computerhowtoguide.com

Pada langkah kedua ini, kita dapat menggunakan antivirus gratis yang cukup handal dalam membasmi virus dan juga malware sekalipun. Program antivirus tidak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan virus saja, tapi beberapa antivirus memiliki kemampuan untuk menghilangkan malware dari komputer. Bagi sobat yang di komputernya belum terinstall antivirus dan bingung mau menggunakan antivirus yang mana. Mungkin Informasi  pada postingan sebelumnya yaitu mengenai antivirus terbaik ini bisa menjadi pilihan. Jika di komputer sobat sudah terinstall antivirus seperti avira, avast dan-lain-lain, untuk menggunakan antivirus tersebut langkahnya sama seperti pada saat men-scan virus. 

3. Membersihkan Malware Dengan Program Malware Scanner


Sumber: malwarebytes.com

Program malware scanner saat ini cukup bisa diandalkan tuk menghapus sebagian besar infeksi. Jika di komputer sudah terdapat program antivirus yang aktif. Maka harus menggunakan scanner yang berbeda yang khusus untuk check malware ini. Perlu diketahui tidak ada program antivirus yang dapat mendeteksi 100 persen dari jutaan jenis malware dan varian. Jadi tidak hanya antivirus saja yang dapat digunakan akan tetapi malware scanner juga perlu agar semakin banyak jenis malware/virus yang ter-scan bisa dibersihkan. Berikut beberapa program yang cukup handal dalam menangani malware di komputer :



  • Malwarebytes
  • BitDefender Free Edition
  • Norman Malware Cleaner
  • SuperAntiSpyware.
  • Kaspersky Virus Removal Tool

Untuk mendapatkan program/software tersebut silahkan cari di google. Karena softwarenya gratis jadi bisa digunakan dengan full tanpa harus memasukan serial number. Sedangkan cara menggunakannya cukup mudah. Di sini saya akan memberikan salah satu contoh penggunaan program malware scanner. Berikut kurang lebih petunjuk bagaimana cara menggunakan program malware yang bernama Malwarebyte.

4. Menghapus Program Yang Tidak Dikenali


Sumber: berbagiinfo4u.com

Disarankan apabila terdapat program – program yang tidak dikenal, sebaiknya di uninstall saja. Selain untuk mencegah malware dengan cara menguninstall/menghapus program tersebut menguninstall juga dapat meningkatkan kinerja komputer.  Selain itu, kebanyakan malware suka bersembunyi di balik program – program tersebut. Jadi dengan menghapus programnya akan dapat mencegah komputer kita, dari semakin meningkatnya terinfeksi malware.

5. Menginstall Ulang Komputer


Sumber: justsharing.wordpress.com

Jika semua cara sudah dilakukan tapi belum juga dapat mengatasi malware di komputer. Mungkin yang terakhir ini adalah jalan keluarnya. Dengan menginstall ulang komputer, maka sistem pada komputer akan diperbaruhi dan malware juga ikut terhapus. Jadi cara yang terakhir ini paling efektif dan sudah pasti dapat menghilangkan malware yang ada di komputer secara permanent.

Memang terkadang meski anda sudah menghindarinya, masih ada banyak resiko untuk malware masuk ke komputer dan merusak file atau jaringan anda. Untuk itu tidak ada salahnya untuk selalu menscan komputer anda secara berkala. Hapus juga semua cookie setelah anda menggunakan internet. Dan hindari software atau jangan mendownload file yang mencurigakan, karena bisa jadi itulah penyebab malware masuk ke komputer anda.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC). Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membersihkan Malware Di Laptop / Komputer (PC)

0 komentar:

Posting Komentar